Keindahan dan Kemegahan Masjid Agung Sultan Qaboos Al-Kabir, di Oman

Masjid Sultan Qaboos Al-Kabir, Oman

blog.parkinn.com

Bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi sebuah negera bernama Oman. Anda mungkin tidak melupakan berkunjung ke obyek bangunan umat islam, yakni Masjid Agung Sulthan Qaboos.

Uniknya masjid ini memiliki banyak keindahan, memiliki menara yang menjulang tinggi, dan bagian halaman ini yang berhiaskan marmer putih. Ada juga permadani yang indah dan lampu gantung yang begitu menakjubkan. Masjid Agung Sultan Qaboos salah satu Masjid yang termegah di dunia.

Lokasi ini terletak di wilayah Bausher, Muscat, ibu kota Negara Oman itu dibangun atas pemerintah dan penguasa Kesultanan Oman saat ini. Bernama Sayyid Qaboos bin Sa’id Al Bu Sa’id. Sang Sultan ini pun memang dengan tujuan agar rakyat Oman memang mempunyai sebuah masjid yang besar dan indah yang bisa mereka banggakan.

Arsitektuk dan Pengerjaan

kontraktor kubah masjid, kontraktor kubah masjid di malaysia, kontraktor kubah masjid jawa timur, kontraktor kubah masjid enamel, kontraktor kubah masjid tangerang, kontraktor kubah masjid di jakarta,
orientcement.com

Nah, sebelumnya ketika Sultan Qaboos naik tahta pada tahun 1970. Dan telah memerintahkan pendirian sebuah masjid yang sederhana di Muscat. Pada tahun sebelumnya 1992, meminta dibuatkan rancangan dengan tujuan agar memiliki masjid terbesar di Dunia. Maka, pada tahun 1993 mungkin Anda sudah lahir dibuatnya kompetisi desain rancang bangun masjid yang akhirnya dimenangkan oleh Bausher Construction.

Pengerjaan konstruksi masjid ini dimulai pada tahun 1995 yang merancang Carillion Alawi LLC. Proses pembanguan masjid itu memakan waktu enam tahun empat bulan. Masjid hasil rancangan Bausher Constuction tersebut dibangun di atas lahan dengan seluas 416 ribu meter persegi.

Masjid Agung Sultan Qaboos itu diciptakan dengan dasar yakni seni dan arsitektur Islam yang terbaik, bukan hanya dari satu Negara atau satu tradisi Islam saja. Sebagai ciri khas gaya pemerintahan atas Sultan Qaboos, masjid Agung itu dibangun dengan dana pribada Sultan. Sang Sultan sendiri juga yang meresmikan bangunan ini pada 4 Mei 2001.

Masjid itu dibangun dengan memakai bahan material batu pasir yang khusus didatangkan langsund dari Negara India sebanyak 300 ribu ton. Dengan jumlah material sebanyak tersebut menjadikan masjid terbesar urutan 11 di Dunia. Masjid ini memiliki luas bangunan 40 ribu meter persegi.

Struktur Bangunan Megah dari Masjid Agung Al Qaboos

kontraktor kubah masjid, harga kubah masjid, jual kubah masjid, jual kubah masjid makara, kubah masjid ornamen,
coinanphoto.com

Bangunan masjid ini sudah diinformasikan di atas 300 ribu ton batu pasir merah yang didatangkan langsung dari India. Kubahnya yang paling besar memiliki tinggi sekitaran 50 meter dari permukaan lantai, dengan menara utama besar 90 meter dan menara utama besar dengan masing-masing yang memiliki tinggi 45,5 meter.

Jika diprediksi semua area keseluruhan bangunan ini mencapai 416 ribu meter persegi, dengan luas 40 ribu meter perseginya. Nah, masjid ini tak duga juga bisa menampung 6.500 orang jamaah laki-lakinya, 750 orang jamaah perempuan di sisi dalam masjid. Serta 8000 jamaah di luar masjid. Jika ditotal pun secara keseluruhan, masjid ini mampu menampung 20 ribu orang. Tanpa Anda berdesak-desakan.

Tak Hanya Dari Arsitektur Megah, Ada Aksesoris yang lainnya tak kalah megah,

Karpet Termegah dan Terbesar urutan Ke-2 di Dunia

harga kubah masjijd sultan al qabos, jual kubah masjid
holeinthedonut.com

Ada selembar karpet yang menutupi satu ruangan di dalam bangunan masjid Agung Sultan Qaboos, yang memiliki pintalan sejumlah 1.700.000 pintalan dengan beratnya mencapai 1 ton. Proses pembuatan satu karpet ini pun memakan waktu 4 tahun.

Adanya karpet megah dan terbesar ini dibuat dengan sentuahan ala tradisional “Tabriz”, Kashan dan Ishafan di Negara Iran. Sebagian besar motif karpet bergambar buah-buahan kering. Karpet besar ini dibuat oleh Iran Carpet Company atas permintahan bernama “Diwan of The Royal Court of Sultanate of Oman”. Satu lembar karpet ini berukuran sekitar 70 meter x 60 meter, dan dapat menutupi seluruh ruangan seluas 4.343 meter persegi.

Informasi, ini selengkapnya. Anda bisa juga membaca link ini: Kemegahan Masjid Sultan Al Qaboos, Oman

Terdapat Chandelier Terbesar Kedua

kubah masjid madinah kubah masjid enamel kubah masjid aluminium kubah masjid acp kubah masjid indonesia kubah masjid istiqlal jakarta kubah masjid ornamen
pinterest.com

Selain predikat karpet buatan tangan yang terpanjang ke-2 di dunia. Masjid Agung Sultan Qaboos ini juga menyandang predikat lagi, yakni dengan lampu (Chandelier) terbesar di Dunia. Chandelier ini berukuran 14 meter, dan dibuat oleh pabrik Faustig di Negara Jerman sana.

Jika Anda terbang ke Oman, Negara Iran. Jangan lupa berkunjung ke Masjid Agung Sultan Qaboss ini untuk mengabadikan momen menakjubkan. Anda tidak akan dikenakan tarif untuk masuk ke dalam masjid. Dan satulagi masjid ini untuk kalangan masyarakat umum, jadi jangan khawatir.

Apabila kita salah dalam untuk menulis informasi mengenai “Masjid Sultan Qaboos”. Ini kami banyak refrensi dari semua web, dan kami rangkum. Bisa Anda komentar yang tersedia di kolom bawah:

 

Baca, juga: Kontraktor Kubah Masjid Terindah dan Terpercaya di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.