Banyak yang Belum Tahu, Sejarah dan Asal Usul Kubah masjid

Selama ini banyak  umat islam maupun non islam yang mempunyai anggapan bahwa kubah merupakan  warisan asli dari budaya islam. Mereka beranggapan jika kubah adalah warisan turun menurun generasi islam. Hal ini disebabkan oleh hampir semua bangunnan masjid memiliki kubah diatas setiap masjid.

Padahal ini adalah asumsi yang sangat keliru, dikarenakan kubah bukan hanya digunakan pada bangunan masjid saja, akan tetapi juga di gunakan pada gedung gedung ataupun tempat ibadah non muslim.

Kubah Masjid

 

Peradaban Mesopotamia adalah yang pertama kali memperkenalkan dan menggunakan kubah pada arsitektur bangunan mereka, diperkirakan sekitar tahun 6000 silam. Namun ada  juga yang menyatakan bahwa kubah mulai muncul pada masa Imperium Romawi sekitar tahun 100 M.

Salah satu buktinya adalah bangunan Pantheon (kuil) di kota Roma yang dibangun Raja Hadria pada 118 M-128 . Pada Zaman Rosulullah SAW, bentuk masjid masih sangat sederhana yaitu berbentuk segi empat, dengan atap dari pelepah kurma.

Akan tetapi, seiring dengan berjalan nya waktu Islam mulai mempunyai inovasi inovasi dan mulai memasukkan unsur arsitek kubah ke dalam hiasan masjid, Penggunaan kubah tercatat mulai berkembang pesat di periode awal masa Kristen. Struktrur dan bentang kubah pada waktu itu tak terlalu besar, seperti terdapat pada bangunan Santa Costanza di Roma.

Pada kekuasaan selanjutnya, pada masa kekuatan Bizantium, Kaisar Justinian membangun kubah dengan sangat megah. Bangunan itu dikenal dengan sebutan Hagi Shopia, yang kemudian beralih fungsi menjadi masjid dan sekarang beralih fungsi lagi menjadi museum. Dengan adanya sejarah ini, telah membuktikan bahwa kubah bukan arsitektur asli agama Islam. Melainkan agama islam mengadopsi kubah untuk digunakan dalam arsitektur masjid.

Pertama Kali Kubah Di Bangun

sejarah kubah masjid pertama
youtube.com

Dengan melihat kemegahan kubah yang di bangun bangsa Romawi dan kristen, karenanya umat islam mulai membangun kubah untuk pertam kali di Masjid Umar Yerussalem. Atau yang dikenal sebagai sebutan kubah batu (Dome Of The Rock). Inilah masjid pertama yang menggunakan kubah dalam sejarah islam. Setelah didirikannya kubah masjid di peradaban islam arsitektur kubah masjid ini sudah mulai menjalar ke berbagai negara islam lainnya. Seperti Mesir, Iran, Asia tengah dan India. Untuk negara arab sendiri, kubah belum terlalu digunakan pada arsitektur masjid.

baca juga : Harga Kubah Termurah

Asal Mula Bentuk Kubah

masjid pertama dan bentuk pertama kubah masjid pertama
id.wilipedia.org

 

Dengan  semakin berjalannya waktu gaya dan bentuk kubah semakin bervariasi ketika islam menyebar dan  berinteraksi dengan budaya dan peradaban lain , bentuk kubah di belahan dunia berbeda beda, bentuk kubah biasanya mengikuti adat dan arsitektur asli daerah tersebut. Para arsitek muslim pun juga tidak segan segan untuk mengambil pilihan bentuk yan ada dan mengaitkan nya dengan kubah, jadi tak heran lagi bila bentuk kubah masjid seringkali beradaptasi dengan budaya dimana masyarakat Muslim tingal.

Kubah Masjid Di Indonesia

Kehadiran kubah pada arsitektur indonesia masih belum lama, sekitar abad ke-19 M. Bahkan pada kawasan jawa kubah massjid baru muncul pada pertengahan abad ke- 20 M. Dan kubah yang ada di pulau jawa tidak menggunakan desain pada umumnya, karena menggabungkan rumah adat mereka dengan arsitektur kubah.

Seperti Masjid Agung Demak dan Masjid Agung Banten.

baca juga : Perhitungan harga Kubah Masjid

Kubah bukan peninggalan arsitektur Rosulullah atau Islam, tetapi kubah adalah arsitektur yang telah melekat erat pada arsitektur Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.